Jumat, 17 Februari 2017

Tahap Perkembangan Janin Dari Bulan Pertama Sampai KeSembilan

Setiap ibu hamil ingin mengetahui perkembangan janin dari bulan ke bulan, sehingga bisa memastikan kondisi kesehatan janinnya. Bagi orang berada pemeriksaan USG tak menjadi masalah, tapi kalau bagi seseorang yang sederhana pastilah sangat sulit dicapai. Tapi, sebenarnya para ibu tak usah khawatir, perkembangan bayi dalam kandungan bisa dirasakan dan dibayangkan setiap bulannya. 
foto:dedaunan.com
Anda tak usah membuang uang untuk USG, tapi fokuslah untuk menjaga kesehatan tubuh diri sendiri dan janin. Selain itu, juga lakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan atau puskesmas terdekat. Nah, berikut ini tahap-tahap perkembangan janin setiap bulannya :

Saat 1 bulan
Pada bulan ini mulai terbentuk kantung kehamilan, plasenta dan sudah terjadi sirkulasi darah pada tubuh janin dalam kandungan. Ibu hamil disarankan mengakonsumsi banyak buah-buahan. 

Usia 2 bulan
Usia kandungan 2 bulan, wajah janin mulai terbentuk, sudah terdapat lipatan di bagian kepala kanan dan kiri serta mulai terbentuk bakal lengan, jari dan kaki. Tak hanya itu, sistem syaraf mulai lengkap. 

Umur 3 bulan
Tahap perkembangan janin pada 3 bulan usia kehamilan adalah hampir seluruh bagian tubuh bayi terbentuk sempurna. Kukunya mulai tumbuh, tangan mengepal dan kemungkinan jenis kelamin bayi terlihat. 

Pada 4 Bulan
Usia kehamilan 4 bulan semua bagian tubuh janin sudah lengkap dan detak jantungnya mulai terdengar. Janin semakin sering bergerak aktif. 

Usia 5 bulan
Pada bulan kelima, janin bergerak dengan kencang dan mulai melatih ototnya. Tubuhnya, sudah ditumbuhi bulu-bulu halus serta seluruh tubuhnya dilapisi oleh lapisan putih, fungsinya untuk mencegah janin terkena air ketuban sampai nanti dilahirkan. 

Saat 6 bulan
Perkembangan janin pada bulan keenam, keriput khas bayi telah terbentuk, pembuluh darah nampak tipis sekali dan sudah bisa membuka atau menutup kelopak matanya. Dia sudah bisa mendengar suara-suara di  luar perut sang ibu. 

Umur 7 bulan
Pada 7 bulan usia kandungan, bayi mampu memberikan respon atas suara yang didengarnya. Diapun dapat merasakan cahaya, tubuhnya semakin besar dan mulai berganti-ganti posisi. 

Ketika 8 bulan
Di bulan kedelapan, tubuh bayi menyimpan lemak semakin banyak, penglihatan dan pendengaran sudah berfungsi dengan baik. Semua sistem tubuhnya pun telah menjalankan fungsinya masing-masing, kecuali organ paru-paru. 

9 bulan
Paru-parunya semakin membaik dan bisa berfungsi pada usia kehamilan 9 bulan. Secara perlahan tubuhnya sudah siap dilahirkan dengan posisi kepala di bagian bawah.
Itulah tahapan perkembangan janin dari bulan ke bulan.
Load disqus comments

0 komentar