Rabu, 29 Maret 2017

Pijat Bayi, Membantu Buah Hati Anda Tidur Lebih Nyenyak

Apakah anda merasa jika buah hati anda terlihat lebih rewel daripada biasanya? Biasanya bayi menjadi dua kali lebih rewel jika tumbuh gigi. Anda mungkin saja kewalahan menghadapi si kecil yang tak bisa diam. Lakukanlah beberapa pijatan ringan pada kulit bayi untuk membuatnya lebih rileks. Untuk itu, anda perlu bisa cara memijat bayi yang tepat.
Pijat pada bayi menjadi hal yang disarankan ketika buah hati anda merasa kelehan dan tumbuh gigi susunya. Selain itu, pijatan-pijatan tersebut akan membuat tidur si kecil lebih nyaman dan nyenyak. Pastikan bayi dalam keadaan terjaga dan tenang agar ia rileks dan dapat memperlancar sistem peredaran darah pula. Hindari memijat bayi pada saat ia terlelap karena hal ini akan menimbulkan kesan “shock” pada buah hati anda.
foto:tipsanakbayi.com

Lalu bagaimana cara memijat bayi dengan benar? Ada baiknya anda mulai mengikuti kelas khusus untuk belajar cara memijat si kecil dengan benar tanpa menimbulkan efek cedera ringan. Anda juga harus memahami waktu yang tepat untuk merelaksasi tubuh mungil buah hati anda. Waktu yang tepat untuk memijat si kecil adalah sehabis mandi karena pada saat itulah ia merasa senang dan nyaman. Namun, segera hentikan pijatan anda jika si kecil mulai menunjukkan rasa tidak suka.
Nah, anda dapat mempraktekkan pijatan-pijatan tersebut dirumah. Lakukan dengan lembut dan tenang serta selingi dengan guyonan yang akan membuat buah hati anda terasa lebih bersemangat dan nyaman ketika anda melakukannya. Mulailah memberi pijatan dari tungkai atau pangkal paha hingga ke bawah.
Area ini dianggap kurang sensitif sehingga bagus untuk memulai sebuah pijatan. Tuang sedikit minyak khusus bayi  ke telapak tangan, lalu gosok-gosok hingga terasa hangat di tangan Anda. Lalu mulailah dengan memberi pijatan lembut pada bagian paha ke arah bawah dan turun ke area betis. Pastikan buah hati anda rileks lalu setelahnya Anda baru bisa memulai memijat punggung kakinya dengan gerakan memutar.
Selanjutnya ke cara memijat bayi pada bagian kaki. Anda dapat memberi sedikit usapan saat memijat bagian pergelangan kaki sampai ke jari kaki. Kemudian beralihlah ke bagian telapak kakinya. Gunakan ibu jari Anda saat memijat area ini. Terakhir, beri pijatan lembut pada jari-jemarinya. Ambil tiap jari memakai ibu jari dan jari telunjuk Anda, lalu tarik dengan lembut. Lakukan pada kesepuluh jarinya.
Setelah itu beri pijatan dengan lembut ke area lengan bagian atas hingga ke pergelangan tangannya, lalu akhiri dengan memijat jari jemarinya. Lakukan cara ini pada area dada, perut serta punggung untuk mendapatkan hasil yang cukup maksimal bagi kesehatan tubuh bayi anda.
Load disqus comments

0 komentar