Senin, 12 Juni 2017

Simak Tips Memilih Kemeja Batik yang Tepat




Harga kemeja batik - Kita harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli kemeja batik. Jika salah memilih, bisa menjadi kurang pas saat dipakai. Hal ini dikarenakan memilih baju berbahan batik memang susah-susah gampang. Oleh karena itu, coba beberapa tips memilih baju batik berikut ini yang tepat.
1.      Ukuran yang pas
Saat hendak membeli kemeja batik, ukuran merupakan hal yang wajib diperhatikan. Kita harus memilih ukuran yang pas dengan badan. Jika terlalu besar atau kecil, maka bisa mengganggu penampilan. Apalagi bentuk dan tekstur kain batik yang mudah berubah.
Membeli baju batik yang sudah jadi memang berbeda dengan menjahit sendiri. Saat menjahit sendiri, mudah disesuaikan dengan shape badan.


2.      Pilih bahan yang menyerap panas
Ada beragam bahan yang digunakan untuk membuat kemeja batik. Bahan tersebut antara lain katun, mori, dan sutra. Dari ketiga bahan tersebut, sutra merupakan bahan yang paling baik. Bahan ini lebih kuat, halus, dan lebih mudah menyerap keringat.
Kain sutra sendiri memiliki beberapa macam dipasaran, seperti sutra import, lokal dan liar. Sayangnya kain sutra ini bahan yang paling mahal. Jika Anda ingin menggantinya dengan bahan lain yang tetap berkualitas, bisa memilih katun.
Kualitas katun memang dibawah sutra, namun tetap memiliki kelebihan yaitu cepat menyerap panas.

3.      Sesuaikan warna dengan acara
Kita juga harus memilih warna kemeja batik sesuai dengan acara. Warna yang sesuai untuk acara santai adalah warna cerah. Warna ini akan memberikan efek ceria, santai dan bersemangat. Warna cerah tersebut bisa kuning, hijau, ungu, biru muda, dan lain sebagainya.
Sedangkan untuk acara formal, bisa dipilih warna batik lebih gelap dan netral. Warna yang paling sesuai adalah cokelat, hitam dengan paduan putih.

4.      Motif batik
Motif kemeja batik juga bisa disesuaikan dengan acara atau aktifitas kita. Motif yang paling sesuai untuk acara formal antara lain sekar jagad, keraton, solo, kawung, dan parang rusak.
Sedangkan untuk acara yang lebih santai dan casual bisa dipilih motif batik pekalongan dan mega mendung. Motif batik pekalongan kebanyakan memiliki corak floral dan berwarna cerah. Sehingga sangat sesuai jika dipakai untuk acara santai.
5.      Lengan panjang atau pendek
Lengan baju juga harus diperhatikan saat memilih kemeja batik. Hal ini bisa kita sesuaikan dengan ukuran tubuh dan aktivitas yang dilakukan. Batik berlengan panjang sangat cocok dipakai untuk acara formal seperti ke kondangan atau ke kantor.
Sedangkan batik berlengan pendek cocok dipakai untuk acara santai. Namun ada pula yang memakainya untuk acara formal. Sesuaikan pula dengan ukuran tubuh kita. jika memiliki perawakan tinggi, bisa memilih lengan panjang atau pendek. Namun jika memiliki perawakan yang kurang tinggi, bisa memilih lengan pendek.
Kini Anda sudah bisa membeli batik mana yang tepat sesuai kebutuhan. Sekian tips memilih kemeja batik yang tepat kali ini. semoga selalu memberikan manfaat untuk Anda.


Load disqus comments

0 komentar