Selasa, 02 Oktober 2018

Untuk Mengetahui Apa Itu Air Conditioner dan Air Cooler, Kita Harus Tahu Perbedaan Diantara Keduanya


Mengetahui dan memahami sesuatu memang diperlukan untuk kita bisa lebih mengerti dan lebih bijak dalam meresponnya. Apalagi bila sesuatu ini adalah hal yang bisa membuat Anda merugi karena melakukan pembelian yang salah. Ketika akan memutuskan untuk membeli sesuatu memang kita dianjurkan untuk cermat pada saaat memilihnya. Nah Anda yang juga ingin membeli produk pendingin ruangan juga perlu mencermati keputusan yang akan Anda ambil. Membandingkan produk-produk yang adalah sesuatu yang wajar dilakukan agar keputusan Anda tepat saat membelinya. Dari sekian banyak produk pendingin ruangan yang ada, air conditioner dan air cooler menjadi dua pembelian yang paling besar di masyarakat. Maka dari itu pembahasan kali ini kita fokuskan saja pada perbedaan antara air cooler dan air conditioner.

Lalu apa saja yang bisa dibedakan dari kedua produk pendingin ruangan ini? Beberapa hal yang bisa kita ambil sebagai pembeda adalah definisi, cara kerja, kelebihan serta kekurangannya. Nah untuk lebih jelasnya mari kita simak satu-persatu pembahasan produk tersebut. Pertama, mari kita simak pembahasan dari Air Conditioner atau sering disebut AC. Produk air conditioner sendiri merupakan perangkat elektronik yang mampu mengubah temperatur suhu ruangan dengan cepat. Sementara itu air cooler adalah perangkat yang menyejukkan udara dengan cara meningkatkan kelembaban udara di sebuah ruangan.

Berikutnya, mari kita membahas perbedaan air cooler dan air conditioner dari cara kerjanya. Cara kerja Air Conditioner (AC) sendiri terbilang rumit karena melibatkan banyak hal. Jadi pada mulanya, udara panas akan disedot oleh kipas pada bagian AC yang berada di luar. Setelah itu udara panas akan diteruskan menuju kumparan yang mengandung beberapa senyawa seperti perfluorokarbon (FC), klorofluorkarbon (CFC) dan juga hidroklorofluorkarbon (HCFC). Dalam kumparan inilah terjadi proses koversi berwujud kondensasi yang membuat udara panas berubah menjadi udara dingin. Setelah udara dingin diperoleh maka akan langsung diteruskan ke ruangan. 

Sementara itu untuk air cooler, cara kerjanya adanya mengubah udara yang panas di ruangan dengan cara meningkatkan kelembabannya. Kemampuan melembabkan udara yang dilakukan oleh air cooler ini dimulai dari keberadaan air dingin pada tangki. Dari air dingin pada tangki inilah kemudian diubah oleh air cooler menjadi uap. Setelah itu uap akan dihembuskan oleh air cooler sehingga secara bertahap kelembaban udara meningkan dan suhu ruangan berangsur turun atau sejuk.
Selanjutnya, mari kita bahas kelebihan dan kekurangan masih-masih produk. 

Untuk kelebihan dari produk air conditioner antara lain :
  •     Memiliki kemampuan untuk mendinginkan udara dengan lebih cepat.
  •     Tingkat dingin udara yang dihasilkan begitu terasa.
  •     Suhunya bisa diatur sesuka hati dengan menggunakan remote control.
  •     Tidak perlu khawatir dengan efek buruk kelembaban, karena tidak akan muncul.
  •     Tidak membutuhkan persediaan air dingin, seperti pada air cooler yang membuat repot karena harus di isi ulang.

Meski sudah populer, produk air conditioner ini tetap memiliki kekurangan, antara lain  :
  •     Harus merogoh kocek dalam karena harga belinya yang tinggi.
  •     Membuat tagihan listrik bulan Anda jadi lebih mahal karena air conditioner memiliki pemakaian yang besar mencapai 500 watt.
  •     Sulit untuk dibersihkan dan dirawat sendiri, karena membutuhkan orang lain atau ahli jasa service AC yang melakukannya.
  •     Akan sangat kesulitan untuk memindah-mindahkan AC. 
Produk air cooler ini juga memiliki kelebihan, yakni :
  •     Harganya ramah kantong dibanding membeli air conditioner.
  •     Hanya membutuhkan 80-110 watt sehingga tidak membuat tagihan bulanan listrik membengkak.
  •     Mudah dibersihkan dan dirawat sendiri.
  •     Mudah juga untuk dipindah-pindahkan ke mana saja. 

Sementara itu untuk kekurangan dari air cooler antara lain :
  •     Memakan waktu lama untuk bisa membuat suhu ruangan menjadi lebih dingin dan sejuk.
  •     Penggunaannya memiliki ketergantungan pada keberadaan air pada tangki.
  •     Dapat menimbulkan penyakit dari efek kelembaban yang dihadirkan, terutama bila ditempatkan di ruangan yang kedap sirlukasi.

Inilah beberapa penjelasan mengenai perbedaan AC dan air cooler. Dari penjelasan tersebut mudah-mudahan kontroversi air cooler vs air conditioner ini sudah bisa terjawab. Dan pastinya dari informasi di atas, Anda sudah memahami bedanya air cooler dan air conditioner. Dengan pemahaman tersebut maka Anda bisa menggunakannya untuk memutuskan pembelian produk pendingin ruangan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.
Load disqus comments

0 komentar